Melindungi Diri dan Keluarga, Alasan Utama Masyarakat Mau Vaksinasi

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dimas Jarot Bayu 14/03/2021 09:30 WIB
Alasan Utama Responden Bersedia Ikut Vaksinasi Covid-19
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) mencatat, sebanyak 54% masyarakat Indonesia bersedia mengikuti program vaksinasi virus corona Covid-19. Alasan utama mereka bersedia divaksin adalah untuk melindungi diri sendiri. Ada 69,8% responden yang menyatakan pendapat tersebut.

Sebanyak 55,3% responden bersedia divaksin untuk melindungi keluarga dan orang sekitar. Sebanyak 35,7% responden bersedia mengikuti vaksin karena sudah lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kemudian, 32,3% responden mau divaksin karena sudah ada sertifikasi halal. Responden yang mau divaksin karena alasan kewajiban moral dan pekerjaannya mengharuskan sering bepergian masing-masing sebesar 31,4%.

Sebanyak 30,5% responden mau divaksin karena sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Sementara, responden yang mau divaksin karena Presiden Joko Widodo dan idola telah menerimanya terlebih dahulu masing-masing mencapai 12,8% dan 4,6%.

(Baca: Kekhawatiran Efek Samping Jadi Alasan Utama Para Penolak Vaksin Covid-19)

KIC melakukan survei secara daring pada 13-16 Februari 2021. Survei terkait alasan bersedia divaksin ini dilakukan  terhadap 2.883 responden yang belum menerima dan mau mengikuti vaksinasi Covid-19.

Data Populer
Lihat Semua