IKLAN

Riau, Provinsi Penghasil Kelapa Terbesar Nasional

10 Provinsi Penghasil Kelapa Terbesar pada 2020

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS),

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Dimas Jarot Bayu

12/3/2021, 11.35 WIB

Riau merupakan penghasil kelapa terbesar di Indonesia pada 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi kelapa di provinsi tersebut mencapai 387,9 ribu ton pada tahun lalu. Posisi selanjutnya ditempati oleh Sulawesi Utara dengan produksi kelapa sebesar 262,9 ribu ton, Jawa Timur 250,7 ribu ton, Maluku Utara 207,8 ribu ton, Sulawesi Tengah 191,8 ribu ton.

Menurut Kementerian Pertanian, estimasi luas areal perkebunan kelapa di Riau sebesar 418.270 hektare pada 2020. Daerah penghasil kelapa terbesar di Riau terdapat di Kabupaten Indragiri Hilir yang berbatasan dengan provinsi Jambi. Kabupaten ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang menerapkan usaha tani kelapa hibrida Pola Perkebunan Inti Rakyat (PIR) sebagai usaha peningkatan produksi, pendapatan, dan kesejahteraan rakyat.

(Baca: Produksi dan Ekspor Kelapa Indonesia Meningkat)

Komoditas kelapa berkontribusi cukup besar sebagai sumber devisa negara dari sisi ekspor perkebunan. Posisinya berada di peringkat ke empat setelah sawit, karet, dan kakao. Mengacu data BPS, ekspor kelapa Indonesia mencapai 1,53 juta ton atau senilai 819,26 juta US$ hingga kuartal III 2020. Negara-negara yang menjadi tujuan ekspor kelapa Indonesia, antara lain Amerika Serikat, Belanda, Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Silakan klik tautan ini dalam kategori: bisnis & industri >> perkebunan untuk mendapatkan data selengkapnya.

IKLAN

data terkait