Swedia Kantongi Indeks Performa Perubahan Iklim Tertinggi pada 2021

Demografi
1
Yosepha Pusparisa 17/02/2021 08:10 WIB
Indeks Performa Perubahan Iklim (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam laporan Climate Change Performance Index (CCPI), Swedia didapuk sebagai negara dengan dengan performa perubahan iklim tertinggi. Negara tersebut berhasil mengantongi 74,42 poin atau berada di peringkat keempat dunia.

Tepat di bawah Swedia, terdapat Inggris dan Denmark yang mengumpulkan 69,66 poin dan 69,42 poin secara berurutan. Ketiga negara tersebut masuk dalam kategori tinggi.

Sementara itu, Indonesia bertengger di posisi 24 dengan skor performa perubahan iklim sebesar 53,59 poin. Skor tersebut membawa Indonesia dalam kategori sedang.

Meski demikian, CCPI tak menobatkan satu negara pun dalam kategori sangat tinggi dalam indeks performa perubahan iklim pada 2021. Sehingga posisi pertama hingga ketiga dalam indeks memang sengaja dikosongkan.

(Baca: Triliunan Ton Es di Bumi Mencair dalam 23 Tahun)

Penilaian CCPI dilakukan terhadap 57 negara dan Uni Eropa yang bertanggung jawab terhadap 90% emisi gas rumah kaca global. CCPI yang diinisasi Germanwatch, NewClimate Institute, dan Climate Action Network berpedoman pada sejumlah indikator, seperti emisi gas rumah kaca, energi terbarukan, penggunaan energi, serta kebijakan iklim.

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.