Program Peningkatkan Keahlian Berdampak Positif untuk Para Pemuda

Demografi
1
Hanna Farah Vania 18/12/2020 17:21 WIB
Jumlah Penerima Manfaat Program Skilled Youth 4
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia saat ini sedang bersiap menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2030 dan selanjutnya 2050. Di satu sisi Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi pada 2030-2040. Yaitu ketika jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Melihat kesempatan di tengah upaya menjadi negara maju, Indonesia Business Link (IBL) bekerja sama dengan Citibank membentuk Skilled Youth Program. IBL merupakan salah satu organisasi nirlaba dengan misi meningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya pemberdayaan pemuda. Mereka menyadari bahwa pemuda harus meningkatkan kapasitas soft skill dan hard skill untuk mampu berkontribusi mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kompetitif dengan kesiapan bekerja atau menjadi wirausaha.

Pada tahun ini, Program Skilled Youth 4 dilaksanakan di 5 kabupaten/kota di Indonesia. Sudah terdapat 1.048 pemuda yang mengikuti program ini dengan 802 di antaranya meningkatkan kualitas untuk kesiapan bekerja dan 246 lainnya fokus berwirausaha. Saat ini sudah terdapat 311 orang yang mendapat pekerjaan, 31 orang memulai usaha, 62 orang meningkatkan (scale up) bisnisnya, dan 2 orang meningkatkan bisnisnya pada sektor sosio-enterpreneur.

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua