ARMY, Once, dan Blink: Siapa Rela Merogoh Kocek Terdalam untuk Idolanya?

Rata-Rata Pengeluaran Penggemar untuk Idola Grup K-Pop

Sumber : iPrice, Desember 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

4/12/2020, 18.11 WIB

Gelombang Korea atau hallyu makin menggema di seantero dunia. Salah satunya dengan tenarnya Korean Pop (K-Pop) yang memiliki banyak penggemar. Para penggemar K-Pop rela merogoh kocek yang tak sedikit untuk menunjukkan loyalitas terhadap idolanya, seperti Blackpink, Twice, dan BTS.

Berdasarkan data iPrice, penggemar dapat menghabiskan sekitar Rp 10,2 juta hingga Rp 20,4 juta untuk membeli suvenir, album, dan tiket konser idolanya. BTS mampu meraup hingga Rp 20,4 juta dari penggemarnya yang akrab disebut ARMY. Secara rinci, nominal itu didapat jika ARMY membeli suvenir seperti tongkat cahaya dan tiket konser yang masing-masing sebesar Rp 7,8 juta. Penggemar juga menghabiskan sekitar Rp 4,8 juta guna mengoleksi album terbaru BTS.

Sementara itu, penggemar Twice atau Once biasanya merogoh Rp 12 juta untuk mendapatkan suvenir, album, dan tiket konser. Blink, penggemar Blackpink, rata-rata mengeluarkan Rp 10,2 juta untuk mendapatkan ketiga jenis benda tersebut. 

(Baca: LIPI: Masyarakat Menonton Drama Korea Lebih dari Enam Kali dalam Sepekan)

TOPIK

Media

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.