Suspek Aktif Covid-19 Indonesia Kembali Merangkak Naik

Total Suspek Aktif Covid-19 di Indonesia

Sumber : Kementerian Kesehatan (Kemenkes), 18 November 2020

Disalin..

Penulis: Andrea Lidwina

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

19/11/2020, 13.49 WIB

Kementerian Kesehatan mencatat total suspek aktif Covid-19 di Indonesia sebanyak 64.430 orang hingga Rabu (18/11). Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pekan pertama dan kedua November yang berada di kisaran 50 ribu orang.

Meski begitu, kasus suspek aktif telah menurun tajam dari bulan sebelumnya yang mencapai 170 ribu orang. Namun, pemerintah perlu terus meningkatkan kapasitas tes Covid-19 agar tidak terjadi antrean dan penumpukan pasien dengan status ini.

(Baca: Jawa Barat Punya Total Kasus Aktif Covid-19 Terbanyak di Indonesia)

Alasannya, suspek merupakan orang yang memiliki gejala, riwayat perjalanan ke wilayah dengan transmisi virus secara lokal, atau riwayat kontak dengan pasien positif. Dengan begitu, risiko mereka terpapar virus corona pun tinggi.

Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk menerapkan gerakan 3M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker) untuk memutus penularan virus corona. 

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.