Hutan Alam yang Terancam di Kabupaten Penyelenggara Pilkada

Materials
1
Melati Kristina Andriarsi 19/11/2020 10:08 WIB
10 Kabupaten Penyelenggara Pilkada dengan Hutan Alam Terluas (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada berpotensi mengancam keberadaan hutan di Indonesia. Dilansir dari kajian Madani Berkelanjutan Oktober 2020 lalu, terdapat 10 kabupaten dengan hutan alam terluas yang akan mengadakan pesta demokrasi.

 

Kabupaten dengan hutan alam terluas berada di Malinau, Kalimantan Utara dengan luas mencapai 3,7 juta hektare (ha). Adapun tiga besar hutan terluas lainnya terletak di Kabupaten Asmat, Papua dan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dengan luas masing-masing 2,3 juta ha dan 2,2 juta ha.

 

Kabupaten dengan hutan alam terluas lainnya berada di Pulau Papua dan Kalimantan. Kabupaten Merauke, Boven Digoel, dan Pegunungan Bintang di Papua memiliki hutan alam seluas 2,1 juta ha, 1,9 juta ha, dan 1,3 juta ha. Adapun hutan alam di Kaimana, Papua Barat luasnya mencapai 1,3 juta ha.

 

Sementara di Kalimantan Timur, terdapat tiga kabupaten yang memiliki hutan terluas di antaranya Kabupaten Kutai Timur, Berau, dan Mahakam Hulu dengan luas hutan masing-masing 1,4 juta ha, 1,5 juta ha, dan 1,7 juta ha. 

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua