Total Pasar Online Commerce Indonesia Diprediksi Capai US$ 65 Miliar pada 2022

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 21/10/2020 14:00 WIB
Proyeksi Gross Merchandise Value (GMV) Online Commerce di Indonesia Pada 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Riset McKinsey pada 2018 yang bertajuk 'How online commerce is driving Indonesia’s economic development' mencatat total pasar online commerce RI diprediksi bakal mencapai US$ 55 miliar hingga US$ 65 miliar pada 2022. Rinciannya terdiri dari sektor social commerce berkisar antara US$ 15 miliar sampai US$ 25 miliar dan sektor e-tailing sebesar US$ 40 miliar.

Laporan itu menyebutkan, perdagangan online tak hanya meningkatkan pendapatan, tapi juga memiliki dampak sosial lebih luas. Misalnya, 35% dari penjualan online dihasilkan oleh wanita dan perdagangan online telah menghasilkan penghematan sebesar 11 - 25% untuk pelanggan di luar Jawa.

Riset tersebut dilakukan terhadap lebih dari 3.000 responden yang terdiri dari 700 mechant online, 500 merchant offline, 2,000 pembeli online, dan 250 kurir pengirim. (Baca: Pesan Makanan Online Jadi Pengeluaran Terbanyak Konsumen saat Pandemi)

Data Populer
Lihat Semua