Masyarakat Kencangkan “Ikat Pinggang” Menghadapi Krisis

Ekonomi & Makro
1
Yosepha Pusparisa 19/10/2020 08:29 WIB
Sentimen Konsumen Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perekonomian masyarakat terdampak karena pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat cenderung “mengencangkan ikat pinggang” dan waspada akibat ketidakpastian ekonomi. Kondisi tersebut tercermin dalam Survei Konsumen Indonesia yang dilakukan McKinsey & Company.

Mayoritas responden memutuskan untuk lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Sebanyak 83% responden setuju dan sangat setuju melakukan tindakan tersebut. Selain itu, 65% responden juga memilih memotong atau mengurangi pengeluarannya. Ditambah lagi adanya ketidakpastian ekonomi menghambat 62% responden untuk bertransaksi dan berinvestasi.

Beberapa dampak lain juga mulai dirasakan. Mulai dari pendapatan yang terpengaruh, mengkhawatirkan pekerjaan yang dapat diputus sewaktu-waktu hingga performa bekerja yang menurun.

(Baca: Masyarakat Masih Pesimis dengan Kondisi Perekonomian saat Ini)

Data Populer
Lihat Semua