Masyarakat Masih Pesimis dengan Kondisi Perekonomian saat Ini

Indeks Kondisi Ekonomi saat Ini (IKE)

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

14/10/2020, 23.00 WIB

Dalam survei konsumen Bank Indonesia (BI), keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi yang tengah terjadi masih dalam kategori pesimis. Sebab indeks masih berada di bawah 100 poin. Indeks Kondisi Ekonomi saat Ini (IKE) menunjukkan penurunan. Dari 55,6 poin pada Agustus 2020 menjadi 54,1 poin di September 2020.

Melemahnya IKE berbanding lurus dengan kebijakan guna mengendalikan pandemi Covid-19. Sebab sejumlah pemerintah daerah kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sehingga aktivitas ekonomi juga menurun, diikuti dengan berkurangnya pemasukan masyarakat. Pemasukan tersebut dapat berupa gaji atau honor dan omset usaha.

Komponen IKE yang menurun berasal dari Indeks Penghasilan saat Ini yang berkurang dari 59,8 poin pada Agustus 2020 menjadi 57,6 poin sebulan setelahnya. Selain itu, Indeks Pembelian Barang Tahan Lama turut melemah dari 71,8 poin menjadi 69,5 poin dalam periode yang sama.

(Baca: Kegiatan Usaha Membaik pada Kuartal III-2020)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.