Layanan Streaming Mulai Menggeser Televisi Konvensional
Teknologi & Telekomunikasi![databoks logo](https://cdn1.katadata.co.id/template/databoks_template_v2/images/rightbody.png)
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Keberadaan layanan streaming melalui video on demand (VOD), perlahan makin menggeser peran televisi konvensional. Hal ini seiring menurunnya belanja iklan televisi konvensional, terlebih di tengah situasi krisis akibat pandemi Covid-19.
Berdasarkan prediksi “Statista Advertising & Media Outlook”, penjualan penyedia layanan streaming dan sejumlah perusahaan video akan meningkat 11% secara global pada 2020, dibanding 2019. Pertumbuhan ini disokong pada pertumbuhan pasar di Asia, seperti Indonesia, India, dan Tiongkok. Pendapatan tiap negara tersebut akan tumbuh 18%, 17,2%, dan 13,1%.
Dalam skala global, pendapatan televisi konvensional akan menurun sekitar 6%. Kondisi ini disumbang juga turunnya pendapatan di Asia (-2,9%) dan Eropa (-8,1%).
(Baca: Gugat UU Penyiaran, Bagaimana Kinerja RCTI dan iNews?)