Riset KIC: Nilai Transaksi Sektor Perjalanan Melalui E-Commerce Naik 98%

Rata-Rata Nilai Transaksi Produk di E-Commerce (2019)

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Juli 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

7/8/2020, 15.16 WIB

Hampir seluruh produk e-commerce mengalami peningkatan nilai transaksi pada 2019, kecuali barang elektronik. Produk tersebut mengalami penurunan 3%, dari Rp 334.183 pada 2018 menjadi Rp 323.220 setahun setelahnya.

Perubahan tertinggi dialami produk tiket pesawat, hotel dan perjalanan. Produk tersebut meningkat hingga 98%, dari Rp 364.918 menjadi Rp 721.843 pada 2019. Berubahnya nilai transaksi ditengarai inflasi tiket pesawat tahun lalu. Menurut National Air Carriers Association (INACA), harga tiket pesawat naik di rentang 40-120%.

(Baca: Pengunjung Situs Shopee Terbesar di Indonesia)

Katadata Insight Center bekerja sama dengan Kredivo melakukan riset terhadap perilaku konsumen e-commerce di Indonesia. Riset tersebut menjangkau lebih dari 10 juta sampel transaksi di sejumlah marketplace (Blibli, Bukalapak, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia). Data berasal dari hampir satu juta pengguna Kredivo pada Januari hingga Desember 2019.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.