Angka Reproduksi Corona Jakarta Naik Selama Masa PSBB Transisi

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 17/07/2020 10:48 WIB
Angka Reproduksi Virus (Rt) per 13 Juli
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Angka reproduksi (Rt) corona di DKI Jakarta menunjukkan tren meningkat selama pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai 5 Juni lalu. Berdasarkan data Bonza pada Senin (13/7) lalu, rata-rata angka Rt sejak awal hingga pertengahan Juli masih di titik 1,27. Hal tersebut mengindikasikan tiap kasus dapat menularkan lebih dari satu orang lainnya.

Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB transisi hingga dua pekan ke depan. Perpanjangan tersebut terhitung mulai 17-30 Juli 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengakui bahwa tingkat positivitas (positivity rate) ibu kota mencapai 5,9% di pekan keenam PSBB Transisi. Angka tersebut lebih tinggi dari 5%, batas aman yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia.  

Metrik Rt berpatokan dengan angka 1. Apabila angka Rt di atas 1,0 maka tiap infeksi dapat menularkan lebih dari satu infeksi lain. Apabila Rt di titik 2,0 maka satu pasien dapat menginfeksi dua pasien pula. Sebaliknya jika Rt sudah di bawah 1,0 maka potensi penularan dapat dikatakan kecil dan potensi virus tak menjangkit makin besar.

(Baca: Jumlah Kasus Baru Covid-19 DKI Jakarta Kembali Pecah Rekor pada Akhir Pekan)

Data Populer
Lihat Semua