Bagaimana Perubahan Perilaku Belanja Anak Muda Indonesia selama Pandemi?

Persentase Responden yang Mengubah Perilaku Belanja selama Covid-19

Sumber : SEA Insights, 2 Juli 2020

Disalin..

Penulis: Andrea Lidwina

Editor: Safrezi Fitra

3/7/2020, 12.00 WIB

SEA Insights melakukan survei terhadap 20 ribu anak muda berusia 16-35 tahun di Indonesia pada Juni 2020. Survei ini melihat perubahan perilaku belanja mereka selama pandemi Covid-19. Sebanyak 59% mengatakan berencana meningkatkan tabungan untuk situasi darurat.

Responden juga lebih berpikir panjang dalam menggunakan uangnya (57%), seperti membeli barang yang mereka butuhkan bukan yang diinginkan. Selain itu, sebanyak 51% telah bergeser ke pembelian online.

(Baca: Potensi Cerah Layanan Digital di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19)

Selama pandemi Covid-19, sebanyak 21% responden pun mengaku mengalami kesulitan finansial.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.