Beralih ke Pemasaran Digital, Siasat UMKM Bangkit dari Krisis

Cara UMKM Bangkit dari Krisis

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Juni 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

27/6/2020, 09.00 WIB

Pandemi Covid-19 telah memukul Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sebagian di antaranya pernah mengalami krisis serupa pada 1998 dan 2008. Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) 3,1% responden UMKM mengaku pernah mengalami krisis 1998 dan 0,7% responden yang merasakan krisis 2008. 

Survei ini juga menanyakan bagaimana cara pelaku UMKM untuk bangkit dari krisis di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebanyak 34,6% responden mengaku beralih dari sistem pemasaran offline ke online. Sementara 15,4% memilih untuk mengganti dan membuat produk atau usaha baru, serta mendapat modal tambahan.

KIC melakukan survei UMKM untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Survei yang menjangkau 206 responden itu berlangsung pada 8-15 Juni lalu.

(Baca: Anggaran Penyelamatan UMKM Mencapai Rp 123,46 Triliun)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.