Perubahan Laju Kendaraan di Jakarta Saat WFH dan PSBB

Persentase Perubahan Rata-Rata Kecepataan Kendaraan (Setelah WFH & PSBB)

Sumber : Pemerintah Daerah DKI Jakarta, 13 Mei 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

13/5/2020, 14.57 WIB

Pemerintah DKI Jakarta menyerukan kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sejak 23 Maret 2020, guna menekan laju penularan Covid-19.  Meski telah melakukan WFH, namun kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga mulai berlaku pada 10 April lalu. Kebijakan ini membuat jumlah kendaraan yang melaju di jalan-jalan ibu kota semakin berkurang.

Terjadi perubahan rata-rata kecepatan kendaraan di beberapa jalan utama DKI Jakarta. Kendaraan yang melintas di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan mengalami peningkatan kecepatan. Perubahannya mencapai 28,8%. Posisi itu diikuti juga bagi kendaraan yang melewati flyover Kebayoran Lama dan Jalan HR Rasuna Said. Masing-masing meningkat menjadi 18,1% dan 15%.

(Baca: Satu Bulan PSBB Jakarta, Kasus Baru Covid-19 Belum Melambat)

Sebaliknya, beberapa kendaraan mengalami penurunan rata-rata kecepatan di sejumlah jalan di DKI Jakarta. Penurunan tertinggi terjadi di Jalan Gajah Mada, kawasan Harmoni, Jakarta Pusat yang berubah hingga minus 16,1%. Jalan tersebut terpantau makin padat setelah WFH dan PSBB diberlakukan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.