Jumlah Keberangkatan Pesawat di Tiongkok Turun Imbas Covid-19

Jumlah Penerbangan Keberangkatan Tiongkok (2020)

Sumber : OAG Aviation Worldwide, 23 Maret 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

26/3/2020, 13.45 WIB

Wabah virus corona (Covid-19) telah berimbas pada menurunnya penerbangan dunia. Frekuensi jadwal keberangkatan tahun ini cenderung menurun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dalam skala global, jumlah penerbangan keberangkatan turun 29%.

Tiongkok menjadi negara yang paling mengalami penurunan terdalam dibandingkan negara lainnya. Penurunan jumlah jadwal keberangkatan di Tiongok mulai terasa pada 13 Januari 2020. Saat itu jadwal penerbangan masih lebih tinggi 8,8% kemudian berangsur menurun seminggu setelahnya menjadi 1,6%. Kemerosotan signifikan terjadi pada 17 Februari 2020 dengan penurunan hingga 70,8% sekaligus yang terdalam selama tiga bulan terakhir.

(Baca: Dampak Virus Corona di Industri Penerbangan)

Negeri Tirai Bambu itu paling terdampak terhadap kuantitas jadwal penerbangan sebab menjadi sumber pertama terjadinya Covid-19. Berbagai negara kemudian melakukan pembatasan perjalanan, baik dari dan ke Tiongkok guna mencegah penyebaran virus.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.