Klub yang Paling Sering Juara di Liga Indonesia

Klub Peraih Trofi Liga Indonesia Terbanyak Sepanjang Sejarah

Disalin..

Penulis: Andhika Wicaksono

Editor: Doddy Rosadi

28/2/2020, 13.51 WIB

Pada 1994, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatukan dua kompetisi yang selama ini sudah berjalan yaitu Perserikatan dan Liga Sepak Bola Utama (Galatama) menjadi Liga Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari empat tingkatan yakni Divisi Utama, Divisi I, II, dan III.

Di Liga Indonesia edisi perdana, ada 34 klub yang tampil dan dibagi dalam dua wilayah yaitu Timur dan Barat. Persib Bandung menjadi klub pertama yang menjadi juara di liga Indonesia. Seiring perjalanan waktu, sempat terjadi beberapa kali perubahan format.

Pada 1996/1997, kompetisi dibagi tiga wilayah yaitu Barat, Timur dan Tengah. Lalu sempat kembali lagi menjadi dua wilayah. Pada 2008, Liga Indonesia berganti nama menjadi Liga Super dan hanya diikuti oleh 18 klub. Liga Super berjalan hingga 2015 sebelum terhenti karena Indonesia mendapat sanksi dari FIFA. Pada 2017, kompetisi digelar lagi dengan nama liga 1.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.