Provinsi Ini Persebaran Rumah Tangga Kumuhnya Paling Tinggi

Demografi
1
Dwi Hadya Jayani 17/10/2019 16:01 WIB
Persentase Rumah Tangga Kumuh 2018
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Papua menjadi provinsi yang persentase rumah tangga kumuhnya paling tinggi di Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan persentasenya mencapai 40 persen, jauh lebih tinggi dari rata-rata nasional 5,3 persen pada 2018.

Setelah Papua, Nusa Tenggara Timur juga tinggi persentase rumah tangga kumuh mencapai 20,7 persen. Sementara provinsi dengan rumah tangga kumuh paling sedikit terdapat di D.I. Yogyakarta (1,13 persen), Jawa Tengah (1,75 persen), dan Bali (1,79 persen).

Secara nasional, persentase rumah tangga kumuh Indonesia sebesar 5,3 persen. Angka tersebut menurun dari tahun sebelumnya yang sebesar 5,3 persen. Persebaran rumah tangga kumuh di perdesaan lebih tinggi sebesar 6,7 persen daripada perkotaan sebesar 4,1 persen. Namun , persentase rumah tangga kumuh di kota naik dari 4,05 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut definisi BPS, rumah tangga kumuh adalah yang tidak memiliki akses terhadap sumber air minum dan sanitasi yang layak. Kemudian luas lantai per kapita kurang dari 7,2 meter persegi. Selain itukondisi atap, lantai, dan diding juga tidak memenuhi standar layak.

Data Populer
Lihat Semua