10 Destinasi Populer di Asia Pasifik, Bali Kalah dari Kuala Lumpur

10 Destinasi Populer Asia Pasifik

Sumber : MasterCard International, 9 September 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

10/9/2019, 14.19 WIB

Asia Pacific Destinations Index (APDI) Mastercard menyebut Bali masuk ke dalam sepuluh besar destinasi populer di Asia Pasifik. Selain itu, peringkat Bali meningkat dari posisi kesepuluh pada 2017 menjadi kesembilan pada 2018 dengan total jumlah wisatawan yang bermalam sebanyak 8,3 juta. Adapun laju pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate/CAGR) yang berkunjung ke Bali sebesar 12,3% dalam sembilan tahun terakhir. Mayoritas wisatawan berasal dari Tiongkok Daratan sebesar 22,4%, Australia sebesar 19,3%, dan India sebesar 5,8%.

Namun, jumlah wisatawan yang datang ke Bali tidak sebanyak kunjungan wisatawan yang datang ke negara tetangga, yaitu Kuala Lumpur, Malaysia. Kuala Lumpur berada di posisi ketiga dengan jumlah wisatawan yang bermalam sebanyak 13,8 juta. Sementara itu, peringkat teratas berhasil diraih oleh Bangkok dengan jumlah wisatawan yang bermalam sebanyak 22,8 juta, dan Singapura sebanyak 14,7 juta.

Mastercard merupakan perusahaan teknologi industri pembayaran global. Metode yang digunakan APDI Mastercard adalah mengurutkan peringkat 161 kota berdasarkan analisis hak milik terhadap sumber informasi dari pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut mencakup World Travel and Tourism Council (WTTC), International Air Transport Association (IATA), UNWTO, PBB, IMF, dan badan-badan pariwisata nasional.

(Baca Databoks: Ini 10 Provinsi dengan Realisasi Tertinggi Investasi di Sektor Pariwisata)

data terkait