Berapa Indeks Kebebasan Berinternet Indonesia?

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dwi Hadya Jayani 09/09/2019 15:00 WIB
Indeks Kebebasan Berinternet Indonesia 2011-2018
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data dari freedomhouse.org, Indeks Kebebasan Berinternet Indonesia masuk kategori bebas sebagian (partly free) dengan skor 46. Skor maksimal dalam indeks ini adalah 100. Semakin tinggi angkanya berarti menunjukkan ketidakbebasan mengakses internet di suatu negara. Angka kebebasan berinternet Indonesia pada 2018 membaik dibandingkan tahun sebelumnya yang mendapat skor 47.

Skor yang diperoleh Indonesia cenderung stagnan di kisaran 41-47. Skor terendah terjadi pada 2013, yaitu sebesar 41. Namun pada tahun-tahun selanjutnya indeks kebebasan internet Indonesia memburuk. Secara berturut-turut indeks kebebasan berinternet Indonesia turun menjadi 42 pada 2014 dan 2015, 44 pada 2016, dan 47 pada 2017.

Skor yang didapatkan Indonesia cenderung stagnan lantaran masih ada konten sosial dan politik yang diblokir. Pemerintah memiliki kontrol atas platform media sosial dengan alasan untuk melawan berita bohong (hoaks), terorisme, dan pornografi.

Selain itu juga masih terdapat pemblokiran konten politik di wilayah Papua dan aplikasi yang melayani komunitas LGBTI (lesbian, gay, biseksual, transgender, dan interseks). Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) juga memiliki andil karena adanya hukuman yang kuat untuk seseorang yang dituduh melakukan pencemaran nama baik.

(Baca Databoks: Tingkat Kecanduan Internet di Indonesia Nomor Lima di Dunia)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua