Berapa Harga Minyak Mentah Indonesia?

Pasar
Penulis
Dwi Hadya Jayani 13/08/2019 11:00 WIB
Pergerakan Harga ICP 2017-2019
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) naik tipis pada Juli 2019 dibandingkan bulan sebelumnya. Kementerian ESDM menyatakan, ICP pada Juli 2019 sebesar US$ 61,32 per barel, naik US$ 0,32 per barel dibandingkan Juni 2019 sebesar US$ 61 per barel.

Peningkatan ICP dipengaruhi penurunan produksi minyak mentah OPEC. Pada Juni 2019, produksi minyak OPEC turun 68 ribu barel per hari menjadi sebesar 29,8 juta barel dibandingkan sebelumnya sehingga harga minyak global meningkat.

Faktor lain yang memengaruhi kenaikan harga ICP adalah eskalasi geopolitik di Timur Tengah. Beberapa isu yang muncul adalah peningkatan pengayaan uranium Iran yang dianggap melanggar Perjanjian Nuklir 2015, penangkapan kapal tanker Iran di Selat Gibraltar oleh Inggris, dan ditangkapnya dua kapal tanker minyak Inggris di Selat Hormuz oleh Iran. Pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyebut Angkatan Laut AS telah menembak jatuh drone milik Iran di Selat Hormuz juga menjadi salah satu faktor yang menggerakkan harga minyak global.

(Baca Databoks: Terimbas Regional, Harga Minyak Indonesia (ICP) Juni Turun 10%)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.