Telkom Indonesia menjadi merek paling berharga di Indonesia dalam jajaran Indonesia's 100 Most Valuable Brands 2019 yang dirilis oleh SWA dan Brand Finance. Nilai merek (brand value/BV) Telkom mencapai US$ 4,61 miliar atau sekitar Rp 64,54 triliun (kurs Rp 14 ribu/US$). Nilai perusahaan (enterprise value/EV) Telkom mencapai US$ 27,93 miliar atau Rp 391,02 triliun.
Bank Rakyat Indonesia (BRI) berada di peringkat kedua dengan nilai merek sebesar US$ 3,27 miliar atau Rp 45,78 triliun. Nilai perusahaan BRI mencapai US$ 25,14 miliar atau Rp 351,96 triliun. Jika dibandingkan tahun lalu, BRI naik satu peringkat dan menggeser Sampoerna.
Sampoerna menjadi merek paling berharga nomor tiga di Indonesia pada 2019, dengan nilai merek US$ 3,22 miliar atau Rp 45,08 triliun. Merek rokok tersebut turun satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Adapun nilai perusahaan Sampoerna mencapai US$ 18,12 miliar atau Rp 253,68 triliun. Daftar 10 merek paling berharga di Indonesia dapat dilihat pada grafik di bawah ini.
(Baca Databoks: Inilah 10 BUMN Pembagi Dividen Terbesar)