Keterampilan SDM Indonesia Menduduki Peringkat 4 di Asia Tenggara

Penulis: Lulu mahdiyah

Editor: Hari Widowati

29/5/2019, 19.43 WIB

Menurut data WEF 2018, keterampilan SDM Indonesia menempati peringkat empat di antara negara-negara di Asia Tenggara.

Keterampilan atau skill dari sumber daya manusia (SDM) Indonesia menempati peringkat keempat di antara negara-negara di Asia Tenggara. Hal tersebut berdasarkan salah satu pilar penilaian dalam Indeks Daya Saing Global (GCI) yang dirilis oleh World Economy Forum (WEF) pada 2018.

Baca selengkapnya

Di peringkat pertama ada Singapura, kemudian disusul Malaysia dan Brunei Darussalam. Secara global, peringkat Indonesia terpaut cukup jauh dengan negeri jiran. Berkaca dari hal tersebut, pemerintah menggalakkan berbagai program seperti pelatihan vokasi, pemagangan berbasis kompetensi di perusahaan, hingga melakukan sertifikasi kompetensi.

Salah satu pendekatan GCI adalah human-centric approach yakni penilaian tentang keterampilan SDM. Penilaian ini mencakup efektivitas tahun pendidikan, tingkat pelatihan staf, kualitas pelatihan vokasi, dan skillset lulusan. Selain itu meliputi keterampilan digital, kemudahan menemukan karyawan terampil, ekspektasi periode pendidikan, berpikir kritis dalam proses pembelajaran, hingga rasio murid-guru pada pendidikan dasar.

(Baca Databoks: Pembangunan Manusia Indonesia Terus Menunjukkan Perbaikan)

Tampilkan minimal

Peringkat Keterampilan SDM di 9 Negara ASEAN Berdasarkan GCI

 
  • Sumber

    World Economic Forum

  • Rilis

    World Economic Forum 2018

  • Informasi lain

    World Economic Forum

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya