Keterampilan SDM Indonesia Menduduki Peringkat 4 di Asia Tenggara

Ketenagakerjaan
1
Lulu mahdiyah 29/05/2019 19:43 WIB
Peringkat Keterampilan SDM di 9 Negara ASEAN Berdasarkan GCI
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Keterampilan atau skill dari sumber daya manusia (SDM) Indonesia menempati peringkat keempat di antara negara-negara di Asia Tenggara. Hal tersebut berdasarkan salah satu pilar penilaian dalam Indeks Daya Saing Global (GCI) yang dirilis oleh World Economy Forum (WEF) pada 2018.

Di peringkat pertama ada Singapura, kemudian disusul Malaysia dan Brunei Darussalam. Secara global, peringkat Indonesia terpaut cukup jauh dengan negeri jiran. Berkaca dari hal tersebut, pemerintah menggalakkan berbagai program seperti pelatihan vokasi, pemagangan berbasis kompetensi di perusahaan, hingga melakukan sertifikasi kompetensi.

Salah satu pendekatan GCI adalah human-centric approach yakni penilaian tentang keterampilan SDM. Penilaian ini mencakup efektivitas tahun pendidikan, tingkat pelatihan staf, kualitas pelatihan vokasi, dan skillset lulusan. Selain itu meliputi keterampilan digital, kemudahan menemukan karyawan terampil, ekspektasi periode pendidikan, berpikir kritis dalam proses pembelajaran, hingga rasio murid-guru pada pendidikan dasar.

(Baca Databoks: Pembangunan Manusia Indonesia Terus Menunjukkan Perbaikan)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua