Tiga Lembaga Survei Ini Memenangkan Pasangan Prabowo-Sandi

Hasil Survei 3 Lembaga yang Memenangkan Pasangan Prabowo-Sandi (Mar-Apr 2019)

Sumber : Berbagai Sumber, Apr 2019

Disalin..

Penulis: Viva Budy Kusnandar

10/4/2019, 23.36 WIB

Mendekati pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 banyak lembaga merilis hasil surveinya. Dari banyak hasil survei yang telah keluar, tiga di antaranya ada yang memenangkan pasangan capres/cawapres Prabowo-Sandi.

Ketiga lembaga yang memenangkan pasangan nomor urut 02 adalah New Indonesia, Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) dan Precision Public Policy Polling (PPPP). Berdasarkan hasil survei New Indonesia Prabowo-Sandi unggul dari Jokowi-Ma’ruf  dengan selisih 7,6%. Kemudian, menurut survei Puskaptis pasangan nomor urut 02 unggul dari pasangan nomor urut 01 dengan selisih 2,2% dan dari survei PPPP Prabowo-Sandi unggul 17% dari pesaingnya.

Namun, beberapa kalangan meragukan hasil survei dari Puskaptis dan PPPP. Keraguan tersebut bukan tanpa alasan, sebab pada Pilpres 2014 Puskaptis melakukan hitung cepat (quick count) dengan memenangkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Namun, hasil hitung KPU menunjukkan bahwa Jokowi-JK unggul dengan 53,15% suara sedangkan Prabowo-Hatta 46,85% suara. Adapun PPPP belum pernah terdengar melakukan survei politik di Indonesia.

TOPIK

Politik

data terkait