Beberapa metode pembayaran masih dalam proses aktivasi.
10 Negara Tujuan Utama Ekspor Pakaian Jadi Indonesia (2018)
Unduh
Disalin..
Sumber
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur sumber.
KATADATA INSIGHT CENTER
Hubungi KIC untuk permintaan data, riset, dan analisis. Hubungi sekarang »
AKecil
ASedang
ABesar
Amerika Serikat (AS) masih menjadi pasar utama pakaian jadi Indonesia. Data Badan Pusat Statistik mencatat nilai ekspor pakaian jadi (konveksi) nasional ke AS sepanjang 2018 mencapai US$ 3,78 miliar (Rp 52,87 triliun) tumbuh 9,3% dari tahun sebelumnya. Nilai tersebut setara dengan 51% total ekspor pakaian jadi Indonesia senilai US$ 7,33 miliar.
Negara tujuan ekspor konveksi terbesar kedua adalah ke Jepang dengan nilai US$ 740,9 juta dan ketiga ke Jerman dengan nilai US$ 372,48 juta. Sementara ekspor pakaian jadi nasional ke Australia mencapai US$ 165,74 juta di urutan ketujuh.
Pakaian jadi merupakan salah satu andalah ekspor nonmigas Indonesia. Nilai ekspor konveksi tekstil tersebut merupakan terbesar ketiga setelah batu bara US$ 20,63 miliar dan minyak sawit US$ 17,89 miliar.