Prabowo Janji Menaikkan Gaji Pejabat, Berapa Anggaran Belanja Pegawai?

Ekonomi & Makro
18/01/2019 16:10 WIB
Anggaran Belanja Pemerintah Pusat (2019)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam debat Pilpres 2019 pertama calon presiden dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji akan menaikkan gaji jika terpilih menjadi presiden agar para pejabat tidak melakukan korupsi. Rendahnya gaji, menurut Prabowo membuat para pejabat mudah disogok atau suap dan tidak bekerja sesuai keinginan rakyat. Prabowo juga mencontohkan gaji Gubernur Jawa Tengah hanya Rp 8 juta.

Dalam APBN 2019 anggaran belanja pegawai sebesar Rp 381,56 triliun atau 23,35% dari total belanja pemerintah pusat. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dibanding anggaran lainnya seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Bila Prabowo akan menaikkan gaji pegawai maka anggaran belanja pegawai tahun depan akan meningkat meskipun tidak ada jaminan bahwa dengan kenaikan gaji para pejabat tersebut tidak akan melakukan korupsi

Belanja pegawai yang lebih besar dibanding belanja barang maupun belanja modal pemerintah mengindikasikan bahwa anggaran pemerintah banyak dibelanjakan untuk sektor tidak produktif, yaitu untuk gaji dan tunjangan pegawai.

Data Populer
Lihat Semua