Jelang Debat Pertama Pilpres 2019: Inilah Elektabilitas Hasil Perhitungan Beberapa Lembaga Survei

Politik
17/01/2019 11:42 WIB
Elektabilitas Pasangan Capres dan Cawapres dari Beberapa Lembaga Survei (Nov-Des 2018)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Debat pemilihan presiden dan wakil presiden pertama dijadwalkan berlangsung malam ini, Kamis (17/1/2019). Beberapa lembaga sigi telah merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019. Dari 6 hasil survei terbaru periode November-Desember 2018 menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dibanding pasangan Prabowo-Sandi seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Dari hasil survei tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan nomor urut 01 berhasil meraih elektabilitas di atas 50%, kecuali dari hasil survei Median yang hanya meraih 47,7%. Sementara elektabilitas pasangan dengan nomor urut 02 berada dikisaran 30-35%. Adapun responden yang belum menentukan pilihan (swing vote) berkisar 10-17%.

Tim Kampanye Pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf tidak boleh lengah agar dapat memenangkan pemilihan presiden periode 2019-2024. Demikian pula pasangan Prabowo-Sandi butuh perjuangan ekstra agar dapat menyaingi elektabilitas calon presiden petahana dalam tiga bulan terakhir. Debat pertama ini dapat dijadikan momen untuk meningkatkan kepercayaan para pemilih terhadap kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden sebelum 17 April 2019.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.