Festival Belanja Singles Day Alibaba Raup Penjualan Rp 453 Triliun

Teknologi & Telekomunikasi
12/11/2018 17:20 WIB
Penjualan Single Day 11.11 di Alibaba (2011-2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Festival belanja online Singles Day 11.11 di Alibaba Holding Group Ltd berhasil meraup penjualan US$ 30,8 miliar atau setara Rp 452,7 triliun dengan kurs Rp 14.700/dolar Amerika Serikat (AS). Nilai Gross Merchandise Volume (GMV) pada festival belanja e-Commerce terbesar di Tiongkok yang berlangsung pada Minggu, 11 November 2018 tersebut meningkat 21,26% dibanding tahun sebelumnya sebesar US$ 25,4 miliar.

Meskipun masih mengalami kenaikan, namun pertumbuhannya terlihat mengalami perlambatan seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Pada gelaran Singles Day 2012, GMV Alibaba melonjak 270,73% menjadi US$ 3,04 miliar. Kemudian pada 2013 pertumbuhannya turun menjadi 91% dan pada tahun berikut kembali menipis menjadi 60,34%.

Singles Day awalnya merupakan acara belanja berbasis internet untuk menyambut liburan siswa yang kemudian berkembang menjadi festival berlanja online satu bulan penuh dengan puncaknya pada 11 November. Kini festival belanja yang didedikasikan untuk para lajang/jomblo ini berhasil melampaui penjualan online terbesar di AS seperti festival belanja Black Friday maupun Thanksgiving. Sebagai informasi, penjualan online pada festival belanja Black Friday hanya mencapai US$ 2,36 miliar dan festival belanja Thanksgiving US$ 1,57 miliar. Sementara penjualan Singles Day pada 2017 mencapai US$ 25,4 miliar.

Data Populer
Lihat Semua