Jawa Mendominasi 40 Persen Suku Bangsa Di Indonesia

Demografi
29/10/2018 08:21 WIB
Persentase Penduduk Indonesia Menurut Suku Bangsa (Sensus Penduduk 2010)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia merupakan bangsa yang lahir dari keragaman suku bangsa, agama dan bahasa. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010, Jawa mendominasi 40,22% (95,2 juta jiwa) suku bangsa/etnis penduduk Indonesia yang berjumlah 236.73 juta jiwa. Penduduk yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur mayoritas merupakan suku Jawa.

Sementara Sunda merupakan suku terbesar kedua di tanah air, yakni mencapai 15,2% (36,7 juta jiwa) dari total penduduk, kemudian diikuti Madura di posisi ketiga dengan 3,23% (7,6 juta jiwa). Adapun etnis Cina/Tionghoa hanya mencapai 1,2% (2,83 juta jiwa) penduduk.

Secara umum, suku bangsa merupakan kelompok etnis dan budaya masyarakat yang berbentuk secara turun temurun. Sebagai bagian dari sistem budaya yang lahir di masyarakat, identitas dan atribut kesukuan dari suatu kelompok masyarakat yang akan diwariskan pada generasi berikutnya. Biasanya, secara kultural, identitas dan atribut suku bangsa langsung melekat pada setiap orang sesuai dengan suku bangsa dari kedua orang tuanya.

Data Populer
Lihat Semua