Investasi Finlandia ke Indonesia Masih Minim

Ekonomi & Makro
09/10/2018 15:19 WIB
Investasi Finlandia dan Perdagangan dengan Indonesia (2013-Jul 2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) yang masuk ke Indonesia dari Finlandia hingga semester I 2018 mencapai US$ 3,2 juta dibanding semester I 2017 belum ada investasi yang masuk. Dari jumlah tersebut terbagi dalam 12 proyek. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, investasi asing dari Negeri Skandinavia tersebut ke sektor industri kertas, barang dari kertas, dan percetakan mencapai US$ 1,75 juta untuk dua proyek.

Kedatangan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pembangunan Finlandia, Anne-Mari Virolainen dapat dijadikan momentum bagi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama antar kedua negara. Seperti diketahui, investasi Finlandia ke Indonesia dan perdagangan kedua negara saat ini masih minim. Nilai investasi Finlandia hanya 0,02% dari total FDI yang masuk ke Indonesia sepanjang paruh pertama tahun ini.

Demikian pula nilai perdagangan Indonesia dengan Finlandia periode Januari-Juli tahun ini hanya US$ 315,26 juta, turun 24,52% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah tersebut kurang dari 1% dari total perdagangan Indonesia dengan semua mitranya. Sebagai informasi, nilai ekspor Indonesia ke Finlandia dalam tujuh bulan pertama tahun ini hanya mencapai US$ 49 juta sementara nilai impornya mencapai US$ 266,19 juta. Artinya neraca dagang Indonesia dengan Finlandia mengalami defisit US$ 217,12 juta. Sehingga dalam enam tahun terakhir Indonesia selalu mengalami defisit.

Data Populer
Lihat Semua