Dukungan Publik Terhadap Partai Pemenang Pemilu Legislatif Kian Mengecil

Politik
09/10/2018 16:40 WIB
Perolehan Suara Partai Pemenang Pemilu Legislatif (2004-2014)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebagian masyarakat khawatir karena dukungan terhadap partai politik pemenang pemilu semakin lama kian mengecil sejak era reformasi. Rilis hasil survei LSI Denny JA menunjukkan dukungan partai pemenang pemilu legislatif 1999, yakni PDI Perjuangan (PDIP) mencapai 33,7% suara. Setelah itu dukungan partai pemenang pemilu terus mengecil seperti terlihat pada grafik di bawah ini. PDIP berhasil memenangkan pemilu legislatif 2014, namun hanya mampu meraih dukungan 18,9% suara.

Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 77,8 responden setuju bahwa Indonesia akan lebih stabil jika memiliki partai politik yang kuat sekali dan hanya 18,6% menyatakan tidak setuju. Salah satu alasannya adalah presiden yang kuat harus didukung oleh partai yang kuat.

Pada pemilu legislatif 2019, masih menurut survei tersebut, PDIP paling berpotensi menjadi partai terkuat dibanding yang lainnya dengan perolehan 37,4% suara. Partai dengan gambar kepala banteng dengan moncong putih tersebut merupakan satu-satunya partai yang menjadi pemenang pemilu legislatif dengan meraih suara di atas 30% sejak era reformasi.

Data Populer
Lihat Semua