Dukungan Publik Terhadap Partai Pemenang Pemilu Legislatif Kian Mengecil

9/10/2018, 16.40 WIB

Dipersembahkan oleh:

Sebagian masyarakat khawatir karena dukungan terhadap partai politik pemenang pemilu semakin lama semakin mengecil sejak era reformasi.

Sebagian masyarakat khawatir karena dukungan terhadap partai politik pemenang pemilu semakin lama kian mengecil sejak era reformasi. Rilis hasil survei LSI Denny JA menunjukkan dukungan partai pemenang pemilu legislatif 1999, yakni PDI Perjuangan (PDIP) mencapai 33,7% suara. Setelah itu dukungan partai pemenang pemilu terus mengecil seperti terlihat pada grafik di bawah ini. PDIP berhasil memenangkan pemilu legislatif 2014, namun hanya mampu meraih dukungan 18,9% suara.

Baca selengkapnya

Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 77,8 responden setuju bahwa Indonesia akan lebih stabil jika memiliki partai politik yang kuat sekali dan hanya 18,6% menyatakan tidak setuju. Salah satu alasannya adalah presiden yang kuat harus didukung oleh partai yang kuat.

Pada pemilu legislatif 2019, masih menurut survei tersebut, PDIP paling berpotensi menjadi partai terkuat dibanding yang lainnya dengan perolehan 37,4% suara. Partai dengan gambar kepala banteng dengan moncong putih tersebut merupakan satu-satunya partai yang menjadi pemenang pemilu legislatif dengan meraih suara di atas 30% sejak era reformasi.

Tampilkan minimal

Perolehan Suara Partai Pemenang Pemilu Legislatif (2004-2014)

 
  • Sumber

    LSI Denny JA

  • Rilis

    LSI Denny JA 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya