IKLAN

Gerai Alfamart dan Indomaret Masih Ekspansi

Jumlah Gerai Alfamart, Alfamidi dan Indomaret (Jan-Jun 2018)

Sumber : Sumber Alfaria Trijaya Tbk, 2018

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

5/10/2018, 16.55 WIB

Indomaret dan Alfamart masih terlihat ekspansif hingga pertengahan tahun ini. Ini tercermin dari data Nielsen Retail Audit yang menunjukkan jumlah gerai Indomaret pada Juni 2018 bertambah 300 unit menjadi 15.526 gerai dari posisi Januari. Demikian pula Alfamart meningkat 32 unit menjadi 13.522 gerai dan Alfamidi bertambah 59 unit menjadi 1.478 gerai dari posisi awal tahun.

Di tengah melambatnya pertumbuhan konsumsi masyarakat seiring berubahnya gaya hidup masyarakat serta munculnya fenomena belanja online membuat sebagian pasar modern melakukan efisiensi. Salah satunya dengan mengurangi jumlah gerai yang dianggap tidak menguntungkan. Meningkatnya belanja masyarakat untuk kebutuhan gaya hidup (leisure) membuat telah menahan belanja konsumsi. Terutama kelompok usia milenial.

Sebagai informasi beberapa jumlah gerai pasar modern mengalami  penyusutan. Seperti Giant Ekspres yang berkurang menjadi tinggal 99 gerai pada akhir Juni tahun ini dari sebelumnya berjumlah 105 unit. Demikian pula Hypermart berkurang tiga unit menjadi 111 gerai hingga akhir Juni.

IKLAN

data terkait