Alfa dan Indomaret Terus Tambah Gerai

Jumlah Gerai 10 Toko Ritel (Jan-Maret 2017)

Sumber : Sumber Alfaria Trijaya Tbk, 2017

Disalin..

12/7/2017, 10.55 WIB

Beberapa toko ritel terpaksa menutup gerainya karena dianggap sudah tidak menguntungkan. Salah satunya adalah 7 Eleven menutup seluruh gerainya pada akhir Juni. Kemudian Ramayana juga menutup gerainya salah saatunya di daerah Blok M  dan Hypermart juga terpaksa menutup beberapa tokonya hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Namun, Alfamart, Alfa Midi, dan Indomaret justru tercatat terus menambah gerai. Dengan konsep lebih mendekatkan ke konsumen, Alfa dan Indomaret mampu memenangi pasar minimarket. Data Nielsen Ritel Audit dalam presentasi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menunjukkan bahwa gerai Alfamart pada Maret 2017 meningkat menjadi 12.710 unit dari posisi Januari 2017 sebanyak 12.456 unit. Demikian pula Alfa Midi dan Indomaret gerainya juga bertambah pada Maret 2017 dibanding  Januari 2017.

Sedangkan Circle K, Hypermart, Giant Ekspres, Ramayana dan lainnya jumlah gerainya justru berkurang pada Maret 2017 dibanding posisi Januari 2017. Kuatnya persaingan, berubahnya cara belanja konsumen seiring munculnya fenomena belanja online membuat para peritel harus melakukan inovasi baru di pasar ritel agar bisnisnya mampu bertahan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.