Siapa Kandidat Paling Cocok Cawapres Jokowi di Pilpres 2019?

6 Agustus 2018

Berdasarkan hasil survei Alvara Beyond Insight, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD merupakan kandidat paling cokok mendampingi Jokowi untuk maju ke pemilihan presiden 2019.

Waktu pendaftaran calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) 2019 telah berlangsung mulai 4-10 Agustus 2018. Namun, belum ada capres dan cawapres yang secara resmi mendeklarasikan pasangannya serta mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Masih adanya tarik ulur dalam lobi-lobi antar partai politik, kemungkinan pendaftaran capres dan cawapres baru akan berlangsung di akhir pendaftaran.

Baca selengkapnya

Dari kubu petahana, posisi cawapres juga masih digodok meskipun daftar nama sudah ada di kantong Jokowi. Berdasarkan hasil survei Alvara Beyond Insight, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD merupakan kandidat paling cokok mendampingi Joko Widodo (Jokowi) untuk maju ke pemilihan presiden 2019. Dengan metode pertanyaan terbuka, elektabilitas Cak Imin sebagai calon wakil presiden Jokowi mencapai 18,7% suara dan Mahfud MD 18,5% suara.

Survei Alvara Research dilakukan pada 20-28 Juli 2018 dengan melakukan wawancara tatap muka dan melibatkan sebanyak 1.142 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun pengumpulan data menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error +/- 2,95%.

Tampilkan minimal

10 Kandidat Wakil Presiden Paling Cocok Bagi Jokowi Menurut Survei Alvara (Juli 2018)

 
  • Sumber

    Alvara Research Center

  • Rilis

    Alvara Research Center Agustus 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya