2018, Pendatang ke Jakarta Turun

Demografi
30/07/2018 16:34 WIB
Penduduk masuk ke DKI Jakarta Tahun 2018
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat. Namun, sebaran penduduk di Indonesia tidak merata ke seluruh wilayah. Jakarta merupakan salah satu provinsi yang mempunyai kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia.

Banyak masyarakat daerah tersihir gemerlapnya Ibu Kota menyebabkan Jakarta semakin padat akibat kebanjiran pendatang baru. Bahkan, banyak penduduk yang telah tinggal Jakarta yang datang dari kampung halamanya membawa sanak saudara. Namun, sejak dua tahun lalu tren pendatang ke Jakarta terus menurun.

Sepanjang 2018, kedatangan penduduk ke Ibu Kota mengalami penurunan. Pada Januari, jumlah kedatangan penduduk daerah yang masuk ke DKI Jakarta sebanyak 13.708 orang dan mencapai puncak tertingginya pada April sebanyak 15.333 orang. Kemudian pada Juni tinggal 5.560 orang. Dalam enam bulan pertama tahun ini jumlah pendatang baru ke Jakarta mencapai 57 ribu orang, sebanyak 30 ribu pendatang Jakarta berjenis kelamin perempuan, sisanya sekitar 27 ribu laki-laki.

(Baca Databoks: Berapa Kepadatan Penduduk di DKI Jakarta?)

Data Populer
Lihat Semua