Minim Kader Mumpuni, Partai Politik Gaet Artis Jadi Caleg

Demografi
20/07/2018 19:42 WIB
Jumlah Artis Yang Mendaftar Menjadi Anggota DPR RI Menurut Partai (2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pendaftaran calon legislatif (caleg) telah ditutup pada 17 Juli 2018 dan banyak artis yang diusung partai politik untuk menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Minimnya kader dari internal partai yang mumpuni dan namanya laku dijual kemasyarakat untuk pemilihan legislatif tahun depan, partai politik mencari jalan instan dengan menggandeng artis untuk mendulang suara.              

Menurut data Okami.id terdapat 54 artis yang mendaftarkan diri menjadi calon legislatif. Nama-nama artis seperti Nurul Arifin, Rieke Diah Pitaloka, Katon Bagaskara, Annisa Bahar, hingga Giring Nidji masuk dalam daftar artis yang mencalonkan menjadi wakil rakyat. Namun, banyak pihak yang pesimis terhadap kemampuan para artis tersebut dalam menyalurkan asipirasi rakyat, terutama artis yang baru pertama kali menjadi anggota DPR RI.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) tercatat sebagai partai yang paling banyak mengajukan kadernya dari kalangan artis, yakni mencapai 27 orang, antara lain Olla Ramlan, Vicky Shu, dan Sahrul Gunawan. Di urutan kedua, PDI Perjuangan (PDI-P) dengan kader dari artis sebanyak 13 orang dan di posisi ketiga dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 7 orang.

Data Populer
Lihat Semua