Investor Asing Masih Keluar dari Bursa Indonesia

19 April 2018

Investor asing masih terlihat keluar dari Bursa Indonesia meskipun Moody’s pada akhir pekan lalu menaikkan rating Indonesia menjadi Baa2 dari sebelumnya Baa3.

Investor asing masih terlihat keluar dari Bursa Efek Indonesia meskipun lembaga pemeringkat Moody’s Investor Service pada akhir pekan lalu menaikkan rating Indonesia menjadi Baa2 dari sebelumnya Baa3. Berdasarkan data Bloomberg dalam pekan ini investor asing masih mencatat net jual, baik di bursa saham maupun pasar obligasi domestik.

Baca selengkapnya

Sepanjang periode 16-18 April 2018 investor asing masih mencatat penjualan bersih Rp 1,51 triliun. Alhasil, sepanjang bulan ini (MTD) net jual investor asing di bursa Jakarta mencapai Rp 4,5 triliun dan sepanjang tahun ini (YTD) telah mencapai Rp 28 triliun. Bahkan dalam 12 bulan terakhir, dana asing yang keluar dari bursa saham domestik mencapai Rp 84 triliun. Keluarnya hot money ternyata bukan hanya terjadi di bursa Jakarta tetapi dialami juga oleh bursa India, bursa Taiwan maupun bursa Thailand. Sementara investor asing terlihat masuk ke bursa Jepang seiring naiknya harga-harga saham di bursa Tokyo.

Investor asing sepanjang  periode 16-17 April 2018 juga masih mencatat jual bersih Rp 780 miliar di pasar obligasi pemerintah. Namun, sepanjang bulan ini terjadi net beli investor asing senilai Rp 11,19 triliun dan bahkan sepanjang tahun ini (YTD) mencapai Rp 33,53 triliun.

Tampilkan minimal

Net Jual/Beli Investor Asing di Bursa Asia (16-18 April 2018)

 
  • Sumber

    Bloomberg L.P.

  • Rilis

    Bloomberg L.P. 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya