Inilah Kantong Kemiskinan di Jawa Tengah

15 Kabupaten/Kota Jawa Tengah dengan Kemiskinan Tertinggi (Mar 2017)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), Januari 2018

Disalin..

23/1/2018, 15.53 WIB

Dua pasangan calon (paslon) akan bertarung memperebutkan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018. Kedua paslon tersebut adalah Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung oleh PDIP, PPP, Demokrat, serta Nasdem dan pasangan mantan Menteri ESDM Sudirman Said-Ida Fauziyah yang didukung Gerindra, PKS, PKB, serta PAN.

Tugas berat menanti bagi calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan menjabat sebagai penguasa di provinsi yang beribu kota di Semarang tersebut. Salah satu pekerjaan rumah yang harus dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur periode mendatang adalah mengentaskan kemiskinan. Pasalnya kemiskinan Jawa Tengah masih di atas angka kemiskinan nasional, yaitu sebesar 10,64% pada Maret 2017.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, angka kemiskinan Jawa Tengah pada Maret 2017 sebesar 13,04%. Sebanyak 15 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah memiliki angka kemiskinan di atas kemiskinan provinsi. Bahkan 26 Kabupaten/Kota masih di atas kemiskinan nasional. Wonosobo merupakan Kabupaten dengan kemiskinan tertinggi, yakni 20,32%, diikuti Kebumen (19,6%,) dan Brebes (19,14%).

(Baca Databoks: Jawa Tengah, Provinsi Paling Aman dari Tindak Kriminal)

(Baca Databoks: Di Mana Kantong Suara Ganjar Pranowo?)

data terkait