Inilah 10 Negara dengan Investasi Terbesar ke Indonesia 2017

Ekonomi & Makro
01/12/2017 09:39 WIB
10 Negara Asal Investasi Terbesar ke Indonesia (Jan-Sep 2017)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Singapura masih menjadi investor terbesar bagi Indonesia hingga triwulan ketiga meskipun mencatat penurunan sebesar 14 persen. Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat bahwa investasi asing (Foreign Direct Investment/FDI) asal Negeri Singa periode Januari-September 2017 turun menjadi US$ 6,12 miliar (Rp 82,6 triliun) dari periode yang sama tahun sebelumnya mencapai US$ 7,13 miliar. Nilai tersebut mencapai 25 persen dari total investasi asing ke Indonesia dan merupakan yang terbesar dibandingkan negara lainnya.

Di urutan kedua investor terbesar ke Indonesia adalah Jepang dengan nilai investasi sepanjang Januari-September tahun ini senilai US$ 4 miliar, angka ini juga menyusut 11 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya senilai US$ 4,5 miliar. Sementara di urutan ketiga adalah Tiongkok dengan investasi US$ 2,73 miliar dan di posisi keempat Amerika Serikat dengan nilai US$ 1,54 miliar, masing-masing meningkat sebesar 72 persen dan 257 persen dari sebelumnya.

Secara umum nilai investasi asing ke Indonesia dalam sembilan bulan pertama tahun ini telah meningkat 69,84 persen menjadi US$ 23,9 miliar dari tahun sebelumnya hanya mencapai US$ 14,1 miliar. Disaat konsumsi domestik melemah, banjirnya investasi asing mampu menopang pertumbuhan ekonomi masih di atas 5 persen.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.