SMRC: Pilpres 2019, Elektabilitas Jokowi Masih Ungguli Prabowo

Politik
09/06/2017 13:42 WIB
Persentase Pemilih Calon Presiden (Simulasi 2 Calon)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SRMC), menyebutkan bahwa elektabilitas Joko Widodo untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2019 masih tinggi. Selain itu, Prabowo Subianto masih menjadi pesaing utama dikarenakan belum muncul tokoh kuat lain dalam persaingan untuk merebut kursi RI 1. Jika dilakukan simulasi dua pasangan calon, SMRC menemukan bahwa 53,7 persen masyarakat akan memilih Jokowi, dan 37,2 persen memilih Prabowo, sedangkan sisanya menjawab tidak tahu atau rahasia.

Penilaian tersebut menggambarkan bahwa presiden Jokowi masih menjadi calon kuat dan akan menang dalam pemilihan presiden bila pemilihan diadakan sekarang. Penilaian masyarakat atas berbagai kondisi nasional dan atas kinerja pemerintah masih positif, serta keyakinan atas kepemimpinan presiden juga tetap tinggi. 

Survei SMRC melibatkan 1.350 responden yang dilakukan pada Mei 2017. Pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling dari total populasi nasional yang sudah memiliki hak pilih yakni diatas 17 tahun atau sudah menikah. Margin of error survei ini rata-rata 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.