5 Tahun Terakhir, IPM DKI Jakarta Tertinggi di Indonesia

Demografi
19/12/2016 10:58 WIB
Indeks Pembangunan Manusia DkI Jakarta dan Nasional 2010-2015
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 2015, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk wilayah DKI Jakarta mencapai angka 78,99 dan masuk kategori tinggi. Angka ini  tertinggi dibanding provinsi lain di Indonesia, dan juga melebihi angka rata-rata nasional yakni 69,55 yang masih termasuk kategori sedang. IPM merupakan salah satu parameter untuk melihat pengaruh kebijakan ekonomi suatu wilayah atau negara terhadap kualitas rakyatnya.

Data yang dikeluarkan BPS sejak 2010 - 2015 menempatkan Jakarta sebagai provinsi dengan skor tertinggi. Angka ini menunjukkan Jakarta sebagai provinsi yang paling sukses dalam mengelola sumber daya manusia dan akses pembangunan lainnya. Namun demikian, hal ini juga menunjukkan ketimpangan pembangunan dengan provinsi lainnya.

Sebagai contoh, dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, pengeluaran DKI pada 2015 tercatat mencapai Rp70 triliun. Angka ini jauh melebihi provinsi lain. Di urutan kedua terbesar adalah Jawa Barat dengan belanja daerah mencapai Rp25 triliun, tidak sampai setengah dari pengeluaran DKI Jakarta.

Data Populer
Lihat Semua