Jakarta, Provinsi dengan e-Government Terbaik

Teknologi & Telekomunikasi
03/11/2016 20:43 WIB
10 Provinsi dengan e-Government Terbaik
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi dengan nilai e-Government tertinggi pada 2015 dan mampu mempertahankan posisinya dua tahun berturut-turut. Dengan nilai 3,39, Jakarta berhasil mengungguli provinsi lainnya. Jawa Barat yang pada tahun 2013 menempati posisi puncak, harus puas berada di peringkat ke posisi 2 dengan nilai 3,07. Selanjutnya posisi ketiga di isi oleh Jawa Timur dengan nilai 3,07.

Dengan hasil ini, Jakarta dinilai sudah baik dalam menjalankan pemerintahan dan menentukan kebijakan berbasis teknologi informasi. Hal ini memudahkan para warga masyarakat, khususnya Jakarta untuk mengakses segala informasi mengenai pemerintahan ataupun mendapatkan pelayanan dengan lebih cepat.

Pelaksanaan e-Government ini diharapkan setiap instansi pemerintahan dapat lebih transparan dan juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien dengan meningkatkan komunikasi antara pemerintah, masyarakat maupun sektor usaha dan industri. Penilaian e-Government ini dibagi dalam lima dimensi yakni perencanaan, kebijakan, kelembagaan, infrastruktur dan aplikasi. Hasil penilaian tersebut dituangkan dalam nilai dengan skala 0 sampai 4.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.