Generasi Z atau Gen Z merupakan konsumen yang sangat potensial. Di usianya yang masih muda (10-19 tahun), mereka dapat memengaruhi keputusan keluarga dalam membeli produk. Sekitar 47 persen anak-anak usia 10-14 (Kidz) memiliki pengaruh terhadap keputusan keluarga untuk berlibur. Tidak hanya itu, anak-anak yang lahir di jaman internet tersebut juga memengaruhi keluarga saat membeli barang elektronik, mobil hingga rumah.
Hellen Katherina, Executive Director, Head of Watch Business, Nielsen Indonesia mengemukakan bahwa Gen Z adalah masa depan, oleh karena itu penting bagi para pelaku industri pemilik brand (merek) untuk memahami perilaku dan kebiasaan mereka.
Hasil tersebut merupakan survei Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal II 2016 di 11 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin.