Indonesia Masuk Negara dengan Tingkat Kelaparan Serius

Demografi
13/10/2016 18:53 WIB
Indeks Kelaparan Global (GHI) Negara Asia Tenggara 2016
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat kelaparan serius di dunia dengan nilai Indeks Kelaparan Global (Global Hunger Index/GHI) sebesar 21,9. Di Asia Tenggara, Indonesia hanya lebih baik dibanding Laos dan Myanmar. Sedangkan, tingkat kelaparan Malaysia tergolong rendah dengan nilai indeks di bawah 10. 

Pada 2016, International Food Policy Research Institute (IFPRI) mencatat tingkat kelaparan 50 negara di dunia masuk kategori serius dan mengkhawatirkan. Sebuah negara masuk kategori dengan tingkat kelaparan serius apabila mendapat skor indeks GHI antara 20-34,4, sedangkan negara tingkat kelaparan mengkhawatirkan apabila mendapat skor 35 hingga 49,9. Dari indeks IFPRI ini, tingkat kelaparan mengkhawatirkan banyak dialami oleh negara-negara Afrika.

Indeks Kelaparan Global adalah alat statistik multidimensi untuk menggambarkan situasi keadaan kelaparan suatu negara. Indeks ini secara langsung berhubungan dengan kebutuhan dasar fisiologis manusia yaitu pemenuhan kebutuhan pangan dan nutrisi. Indeks diperbaharui setahun sekali. GHI mengukur kemajuan dan kegagalan suatu negara dalam perang global melawan kelaparan.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.