4 Kali Jadi Runner Up AFF, Indonesia Akan Hadapi Final Ke-5

Demografi
13/12/2016 09:52 WIB
Negara dengan Jumlah Laga Final AFF Cup Terbanyak Sejak 1996
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia akan menantang Thailand dalam perebutan gelar juara AFF Cup 2016. Menang dramatis di semifinal melawan Vietnam melalui babak pertambahan waktu, Indonesia berhak atas satu tiket final. Ini menjadi laga final untuk yang kelima bagi Indonesia di ajang sepakbola tertinggi antar negara-negara Asia Tenggara. 

Thailand, yang akan dihadapi Indonesia dibabak final, berstatus sebagai juara bertahan. Negeri Gajah itu total sudah menjuarai piala AFF sebanyak 4 kali. Jumlah raihan Thailand sama dengan Singapura. Bedanya Thailand sudah melakoni tujuh kali final sebelumnya, sedangkan Negeri Singa selalu menjadi kampiun dalam empat kali babak pamungkasnya.

Dalam final AFF Cup 2016 Indonesia dan Thailand sama-sama berpeluang mengukir sejarah. Jika memenangkan laga final, Thailand akan menjadi negara dengan jumlah trofi terbanyak mengungguli Singapura. Sebaliknya jika Indonesia menang, maka ini akan menjadi gelar pertama bagi Indonesia dalam 5 finalnya. Thailand dan Indonesia sendiri pernah saling beradu di laga pamungkas pada penyelenggaraan di tahun 2000 dan 2002. Namun Indonesia harus puas dengan finish di tempat kedua.

Data Populer
Lihat Semua