Databoks adalah portal data statistik ekonomi dan bisnis yang merupakan bagian dari Katadata, perusahaan riset dan media online (katadata.co.id) yang berdiri sejak 2012. 

Databoks dibuat dengan tujuan untuk memudahkan perusahaan, pelaku bisnis, periset, pelajar, pemerintah dan media untuk mencari dan mengolah data ekonomi dan bisnis secara cepat untuk berbagai keperluan, seperti presentasi, pembuatan laporan dan memperkuat pemberitaan di media. Databoks juga menyediakan fasilitas bagi perusahaan untuk mempublikasikan data, sehingga para pemangku kepentingan (stakeholder) bisa dengan cepat mengetahui informasi perusahaan.

Databoks juga didesain agar mudah digunakan bagi siapa saja, cukup dengan mengetik data yang ingin ditemukan di kolom pencarian. Para pengguna kemudian juga bisa mengunduh grafik yang ditampilkan ke dalam format pdf ataupun png sehingga mudah untuk dijadikan bahan presentasi atau pun laporan. Selain itu, Databoks menyediakan embed code sehingga pengguna bisa langsung memasang grafik yang diinginkan ke blog mereka.

Mulai 9 Mei 2017, Databoks menyediakan kanal khusus dengan nama DATASET. Kanal ini dibuat khusus untuk memuat data-data umum yang dimiliki oleh pemerintah dan swasta. Dalam halaman detail terdapat fasilitas download serta referensi sumber.

Dataset yang ditampilkan ini bukan merupakan data yang diproduksi oleh Katadata Indonesia. Data bersumber langsung dari pemilik data seperti Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian maupun sumber lain dari lingkungan pemerintah dan lembaga swasta.

Sumber data resmi "Satu Data Indonesia" antara lain dapat dikunjungi melalui situs http://data.go.id. Di tingkat daerah, ketersediaan "Open Data" dapat juga dilihat di http://data.jakarta.go.id, http://data.bandung.go.id, data.bandaacehkota.go.id, http://bappeda.kalteng.go.id, dan beberapa situs data pemerintah daerah lainnya.

Databoks dan dataset hadir, sebagai inisiatif Katadata untuk menggabungkan data-data umum yang tersebar dalam berbagai format baik hardcopy maupun softcopy seperti txt, pdf, tabel html, maupun presentasi dan diubah menjadi format digital yang dapat dibaca oleh mesin seperti kml, kmz, json, csv, dan lainnya. Dengan demikian, diharapkan kesukaran dalam mengolah data dapat dikurangi dan pemanfaatan data oleh masyarakat umum menjadi lebih baik.

Kami percaya "Simplicity is the Ultimate Sophistication". Kutipan kalimat yang disampaikan Leonardo da Vinci itu merupakan motto Katadata, dan menjadi pedoman kami dalam membuat setiap produk, termasuk Databoks. Kami berharap, dengan Databoks, data ekonomi dan bisnis di Indonesia yang tersebar di berbagai tempat menjadi lebih mudah dipahami, dapat diakses dengan cepat dan dapat berdaya guna bagi publik.