Hasil survei GlobalWebIndex menunjukkan, sebanyak 56% generasi baby boomer yang lahir pada 1955-1963 mengakses Facebook setiap hari. Persentase itu merupakan yang tertinggi di antara media sosial lainnya.
Tren serupa terjadi pula pada generasi lainnya, kecuali generasi Z. Sebanyak 63% responden generasi X dan 64% responden generasi milenial menggunakan Facebook secara harian. Sedangkan, generasi Z paling banyak membuka Instagram, yakni 64%.
Selain Facebook, sebanyak 41% responden generasi baby boomer menggunakan WhatsApp setiap hari. Kemudian, mereka yang membuka Instagram dan Facebook Messenger masing-masing sebanyak 25% dan 23%.
Penggunaan media sosial lainnya oleh generasi baby boomer lantas semakin rendah. Misalnya, Twitter hanya digunakan oleh 15% responden, TikTok 6%, dan Telegram 5%. Aplikasi berbagi video singkat Snapchat bahkan hanya diakses oleh 3% responden dari generasi ini.
(Baca: Facebook Masih Jadi Raja Media Sosial)
GlobalWebIndex melakukan survei ini secara daring terhadap 180.852 di 47 negara pada kuartal IV-2020. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60.882 orang berasal dari generasi baby boomer yang berusia 57-64 tahun.