Berdasarkan riset PayPal bertajuk ‘Asia Social Commerce Report’ pada 2018, Facebook menjadi platform yang paling banyak dipilih oleh pelaku usaha di Indonesia. Nilainya yakni sebesar 92%.
Selanjutnya, para pelaku usaha memilih WhatsApp dan Instagram masing-masing sebesar 76% dan 72%. Sedangkan, sebanyak 49% pelaku usaha memilih menggunakan Facebook Messanger untuk berjualan. Riset tersebut melibatkan empat ribu konsumen dan 1.400 pelaku UKM dari Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Filipina.
Setidaknya, ada tiga alasan mereka memilih berjualan di media sosial yakni lebih mudah meraih pasar potensial, mudah digunakan, dan dapat meningkatkan jaringan sehingga bisa mendorong pertumbuhan bisnis. Di Indonesia, responden menyebutkan bahwa 80% penjualan melalui media sosial. (Baca: Platform Ini Paling Banyak Digunakan untuk Beli Tiket Acara Online)