OPPO berhasil memimpin pangsa pasar ponsel pintar (smartphone) di Indonesia pada 2021. Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), pangsa pasar merek ponsel asal Tiongkok ini sebesar 20,8% di dalam negeri.
Tercatat, pengiriman smartphone OPPO di Indonesia mencapai 8,5 juta unit sepanjang tahun lalu. Jumlah ini meningkat 3,5% dibandingkan tahun 2020 yang sebanyak 8,2 juta unit.
OPPO memiliki fokus pada segmen menengah ke bawah (low-end). Smartphone low-end yang dimaksud memiliki harga dengan kisaran di bawah US$100 sampai US$200.
Berikutnya, Xiaomi menduduki peringkat kedua di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 19,8%. Jumlah pengiriman smartphone ini tercatat mencapai 8,1 juta unit pada 2021 lalu.
Kemudian, vivo memiliki pangsa pasar sebesar 18,1% di Indonesia. Pengiriman smartphone ini juga berasal dari Tiongkok sebanyak 7,4 juta unit.
Sementara itu, pangsa pasar Samsung di Indonesia sebesar 17,6%. Diikuti oleh realme sebesar 12,2% dan merek lainnya sebesar 11,5%.
Secara total, pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 40,9 juta unit sepanjang 2021. Jumlah itu tumbuh 10,9% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 36,9 juta unit.
(Baca: IDC: Pengiriman Smartphone Global Capai 1,35 Miliar Unit pada 2021)